Thursday 11 February 2016

Pesmol Mujair

Sering banget makan pesmol ikan mujair tapi baru ini sempat masak sendiri. Seringnya beli sih.. Soalnya yang makan cuma saya, jadi harus bikin masakan lainnya untuk suami. Sebenarnya saya penyuka masakan berbahan ikan tetapi suami agak pemilih. Tidak semua ikan disukainya, terutama ikan yang banyak tulangnya. Lha kalo belanja di tukang sayur keliling, lebih sering membawa ikan-ikan air tawar yang banyak tulang seperti mujair ini. Ikan-ikan seperti tongkol, tenggiri atau tuna harus pesan dulu, baru dibawain.

Bumbu pesmol bisa dipake untuk ikan apa saja. Tapi entah kenapa, menurut saya yang paling maknyus ya pesmol mujair. Ikannya tidak perlu digoreng sampe garing banget, trus disiram bumbu pesmol. Hmmm.... perpaduan yang sempurna!

Sstt..... foto pesmol di atas kurang kuning karena kunyitnya muda ;( Tapi tetap maknyuss loh.

Bahan :
500 gr ikan mujair, dibersihkan
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 sdt garam
500 ml / 2 gelas air
Minyak goreng secukupnya

Bumbu :
4 cm lengkuas dimemarkan
2 lembar daun salam
2 batang sereh, dimemarkan
10 butir cabe rawit utuh
1 batang daun bawang, diiris
1 ikat kemangi, petik daunnya
2,5 sdt garam
2 sdt gula pasir
3 sdt air jeruk nipis

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit
3 cm jahe
5 butir kemiri

Cara membuat :
1. Lumuri ikan mujair dengan air jeruk dan 1 sdt garam. Diamkan 30 menit lalu goreng hingga matang tapi tidak terlalu kering. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus hingga matang dan wangi. Tambahkan air, lengkuas, salam, sereh, gula dan garam. Biarkan sampai mendidih.
3.Masukkan ikan mujair, daun bawang, daung kemangi lalu tambahkan air jeruk nipis. Masak dengan api kecil hingga bumbu pesmol meresap. Angkat.

No comments: