Friday 11 September 2015

Beef Floss Buns (Roti Abon Sapi)


Waktu motret foto di atas, saya pengennya jeruk lemon ada di tengah-tengah cangkir. Setelah setting roti dan perlengkapannya, saya geser jeruknya (pake sendok) ke tengah. Eeh... itu jeruk tetap aja bergerak ke pinggir. Trus cangkirnya yang saya gerakin sedikit sambil ditungguin. Tetap jeruknya ke pinggir lagi. Ya sudah, jepret aja deh :D

Kalau lewat di depan gerai B****T*lk, roti-rotinya selalu bikin saya ngiler. Termasuk juga roti abon. Kebetulan di rumah masih ada persediaan abon sapi, jadi dapat ide membuat roti itu.

Di rumah saya, roti selalu jadi favorit. Baik sebagai menu sarapan ataupun teman minum teh di sore hari. Makanya janga heran, kalo posting saya banyak tentang roti ya?!


Resep roti abon banyak sekali beredar, tinggal browsing saja mana yang cocok. Kali ini bikin pake resep roti yang biasa saya gunakan. Sudah hapal jadi udah terbayang urutan kerjanya. Pemakaian yeast cukup setengah bungkus saja (kurleb 5 gram) biar rotinya tidak beraroma asam. Terus diamkan agak lama, supaya hasilnya empuk. Yang mau coba resep ini, silahkan.... :)

Bahan :
400 gr terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
5 gr ( 1 sdm) yeast instant
220 ml bahan cair ( 2 butir telur + susu cair dingin )
100 gr margarin

Bahan olesan :
2 sdm munjung margarin
3 sdm susu kental manis putih
keduanya diaduk rata

Topping : abon sapi secukupnya

Cara membuat :
1. Campur terigu, gula dan yeast. Aduk rata dengan sendok.
2. Masukkan bahan cair secara bertahap. Uleni sampai kalis dan elastis.
3. Masukkan margarin, uleni lagi hingga kalis dan elastis. Lalu diamkan dalam wadah tertutup hingga mengembang (kurang lebih selama 1,5-2 jam).
4. Kempiskan adonan, ambil sekepal adonan (kurleb 30-35 gr). Bentuk lonjong. Tata di loyang oven yang telah dioles sedikit margarin. Lakukan untuk semua adonan.
5. Setelah semua adonan dibentuk, diamkan lagi selama 30 menit. Baiknya sambil ditutup serbet atau plastik agar permukaannya tidak kering. Atau bisa juga diletakkan di dalam oven yang belum menyala.
6. Selanjutnya panggang pada suhu 170 derajat Celcius, selama 15 menit atau sampai kuning kecoklatan. Kalo oven listrik saya, 180 derajat selama 8 menit pake api bawah terus turunkan jadi 160 derajat selama 8 menit pake api atas. Kalo pake api atas dan bawah sekaligus, cepat coklat tapi dalamnya kurang matang.
7. Keluarkan dari oven. Selagi panas langsung diberi olesan, lanjutkan dengan topping abon.

Taraaaaa.... beginilah hasilnya !

No comments: