Friday 25 April 2014

Patin Bumbu Pecak

Terus terang saya penasaran dengan pecak ikan (masakan Betawi). Soalnya saya sering melewati warung makanan Betawi yang menyediakan menu pecak ikan gurame. Mau beli, rasanya bakalan kebanyakan karena paling kecil porsinya ikan gurame seberat 500 gr. Lagi pula suami kurang suka menu ikan tawar. Akhirnya coba bikin sendiri deh.

Belanja di tukang sayur dekat rumah, dapatnya ikan patin. Pengennya sih pake mujair. Ya sudah yang ada dulu deh. Bikinnya juga sedikit biar lepas penasarannya. Hehehe...

Browsing bumbu pecak, ternyata ada yang pake santan serta kacang tanah halus. Saya coba yang tanpa kacang dan tanpa santan (pake air aja). Ternyata kalau mengikuti resep, rasanya pedas banget! Jadi pemakaian cabe saya kurangi. Menyesuaikan selera sendiri. Lalu penggunaan ikan patin, saya rasa kurang cocok dengan bumbu ini karena ikannya terlalu berlemak. Saya lebih suka ikan yang bisa garing kalau digoreng.
Bahan :
500 gr ikan
minyak untuk menggoreng

Bumbu ikan (dihaluskan) :
2 siung bawang putih
1,5 sdt ketumbar
1 sdt garam

Bumbu sambal pecak :
10 buah cabe merah keriting, ditumbuk kasar
5 buah cabe rawit, ditumbuk kasar
8 siung bawang merah, ditumbuk kasar
4 siung bawang putih, ditumbuk kasar
3 cm jahe, dimemarkan
3 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang sereh, dimemarkan
1,5 sdt terasi bakar
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 sdm gula merah sisir
2 sdm air asam
1 buah tomat dipotong 6
200-300 ml air
3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat :
1. Ikan dicuci bersih, tiriskan lalu campur dengan bumbunya. Diamkan sebentar (kurleb 10 menit).
2. Goreng ikan sampai garing, angkat lalu sisihkan.
3. Tumis semua bumbu sambal pecak, masukkan air. Biarkan mendidih dam mengental lalu angkat.
4. Tata ikan di piring saji, siram dengan sambal pecak.

Recipe source : Just Try & Taste.

1 comment:

Nahla Fashion said...

keren blog nya :)
http://nahlafashion.com/