Monday 9 February 2009

Ikan Bakar Kecap

Kalo dilihat dari penampakannya, ikan bakar kecap ini seperti gosong dan ga mengundang selera. Tapi kalo udah dicicip, jangan kaget kalo pengen nambah. Apalagi dicocol sama sambal, dijamin maknyos deh ;)

Ikannya saya pake ikan inada (ekor kuning) yang sudah dipotong dari supermarket, jadi ga perlu repot-repot motongin. Ikan lainnya juga bisa kok, sesuai selera aja.

Bahan :
10 potong ikan
1/2 buah jeruk nipis/lemon, ambil airnya
1 sdm margarin
6-8 sdm kecap manis
Garam secukupnya

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
3 butir cabe rawit (kalo suka pedas, silahkan ditambah)
1/2 ruas ibu jari jahe

Cara membuat :
1. Cuci bersih ikan, beri sedikit goresan pada potongan ikan bila perlu, lalu tiriskan.
2. Campur bumbu halus dengan kecap, margarin, air jeruk nipis/lemon dan garam. Aduk rata lalu balurkan dengan ikan. Diamkan kurleb 30 menit agar bumbu meresap.
3. Siapkan alat pemanggang/grill. Atur potongan ikan pada panggangan, olesi dengan sisa bumbu lalu bakar hingga matang.
4. Sajikan dengan sambal dan lalap.

6 comments:

Anonymous said...

Yang lagi sibuk, pajang foto trus cabut ya... :D
Jadi ingat resepnya Bunda di rumah nich, biasanya pake daun kemangi, wah tambah nafsu makan dech...:)

za said...

hmmm...=P~jadi pengen nyicipin

A.G said...

aku juga ga nolak kalo dikasi ini hihi

Anonymous said...

mbak sinta yang baik hati, aku kopi lagi yah resepnya. Aku suka dengan postingan mbak sinta yang resepnya gak macam-macam, secara di Jepang mencari bumbu susah tapi akuk kangen dengan masakan Indonesia, dan jadilah aku berkunjung di blogmu:)

Ipunk said...

hello Mbak Shinta yg keren,
Aku dr Amrik, ni weekend mau inep di camping di gunung, aku rencana mo panggang ikan dengan resep Mbak Shinta, Insyaallah semoga mantab hasilnya.............

Shinta Octaviani said...

Ipunk, selamat camping dan manggang ikan ya... salam dari Jepang :)