Thursday 29 January 2009

Masak Bareng : Tom Yum Goong

This is my entry for Masak Bareng Yuuk !!! event. First of all, thank you very much to selected this menu at last month polling. Thank you...

Pedas, asem sueger dan anget. Wah benar-benar cocok untuk menghalau dingin. Tapi tetap aja jumlah cabenya saya kurangi. Bukannya ga doyan pedas tapi takut sakit perut, gitu loh. Jamur-nya saya pake jamur payung (shimeji) karena jamur itu yang lagi diskon pas belanja. Hehehe... yang didiskon yang dibeli. Trus karena masih ada crab stick di freezer, sekalian aja saya tambahin. Daun ketumbar-nya gimana? Susah nyarinya jadi diabaikan aja.

Yuk ah, dinikmati yuuk...!!! Tom Yum Goong plus crab stick.

Bahan :
500 gr udang ukuran sedang
200 gr jamur merang, belah dua (saya pake 1 pak jamur payung)
1.750 ml air
4 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas, memarkan
20 buah cabai rawit (saya pake 2 butir rawit + 4 cabe merah)
7 sdm kecap ikan
5 sdm air jeruk nipis (diganti air lemon)
2 sdm cabai bubuk
2 sdm daun ketumbar (ga dipake)
2 siung bawang putih, memarkan

Cara membuat :
1. Kupas udang, tinggalkan ekor, belah punggungnya tapi tidak sampai putus.
2. Buat kaldu udang: cuci bersih kulit dan kepala udang, lalu rebus dalam 1.750 ml air. Gunakan api kecil saja, biarkan mendidih. Angkat, saring, dan buang kulit serta kepala udang tadi.
3. Ambil air kaldu sebanyak 1.500 ml, didihkan kembali. Masukkan bawang putih, daun jeruk, serai, lengkuas, cabai rawit, kecap ikan, air jeruk nipis, dan cabai bubuk. Masak sebentar (sekitar dua menit).
4. Masukkan udang dan jamur. Masak sampai udang berubah warna, dan jamur matang.
5. Tuang sup ke dalam mangkuk, beri daun ketumbar. Sajikan hangat.

Recipe source : resep online

6 comments:

Umi Rina said...

Asyyiiik.... nyoba aah Tom Yam Goong disini...*sluurrrp...*
Sueeegeeer.... ^-^

Nyobain juga yach di tempatku...:)

Rurie said...

Slurp aku datang........cicip Shin :)

A.G said...

yum yum.... syegar... :)

Indonesia Eats said...

setor setor diriku sudah setor.
eh btw itu taplak hampir saja jd kubeli buat props cuman gak jadi :))

Jagungmanis said...

aku datang jugaaa... alah,kedisikan rurie meneh..

btw,jamur payung? koyok opo iku? aku ngrtine cm paku payung je...

Anonymous said...

boleh nihicip-icip....