Saturday 3 January 2009

Chiffon Cake Ketan Hitam

Dah lama pengen nyoba bikin chiffon cake ketan hitam, tapi ga ketemu tepungnya di Jepang. Kebetulan baru dapat kiriman dari Indonesia, langsung dicoba deh. Chiffon cake ini rasanya legiiit dan wangi khas ketan hitamnya itu bikin tambah maknyus. Percaya deh, makan sepotong ga bakalan cukup. Pengen nambah lagi, lagi dan lagi :D

Resepnya pake dari blog alm. mbak Ruri, dan saya tambahkan sedikit tepung maizena supaya tambah lembut. O iya, resepnya disesuaikan dengan ukuran loyang chiffon dan kondisi oven yang saya punya ya...

Bahan A :
4 putih telur
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdt air lemon/jeruk nipis

Bahan B :
25 gr gula pasir
4 kuning telur
70 gr tepung ketan hitam
5 gr tepung maizena
50 ml salad oil
50 ml santan (kekentalan sedang)

Cara membuat :
1. Kocok bahan A : kocok putih telur dengan menambahkan gula sedikit demi sedikit , tambahkan pula air lemon. Kocok sampai mengembang dan terbentuk soft peak. Sisihkan
2. Kocok bahan B : telur dan gula sampai kental dan gula larut. Tambahkan tepung ketan hitam yang dicampur maizena dan diayak. Tambahkan santan, kocok rata. Lalu masukkan minyak, kocok rata dengan speed paling rendah.
3. Masukkan kocokan putih telur (bahan A) sedikit demi sedikit ke bahan B. Aduk rata dengan spatula. Kalau kocokan putih telurnya berair, cukup ambil busanya saja.
4. Tuang adonan ke loyang chiffon diameter 17 cm (tanpa dioles margarin/minyak). Panggang pada suhu 170 derajat C selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 160 C selama 10-15 menit.
5. Keluarkan cake dari oven, balikkan loyang (bisa juga disanggah dengan botol) dan biarkan dingin. Lalu keluarkan dari loyang dengan menyelipkan spatula/pisau panjang di antara cake dan loyang.

4 comments:

Jagungmanis said...

gleg.. ketoke kok enak yo... tp aku keder ki neh meh gawe.. takut nek bantet.. :D

chenmarlin said...

wanginya sampai kesini lho, sama seperti deeTha, ngga berani nyoba, takut gagal, padahal punya tuh tepung ketan hitamnya.

Shinta Octaviani said...

Deetha & ChenMarlin :
Kalo ngocok putih telur-nya sampe mengembang, masih mengkilat dan kalo wadahnya dibalik putih telurnya ga bergerak/tumpah.

Dicoba yuuk... :)

Anonymous said...

Siip Bunda, cantik Chiffon Cake Ketan Itemnya... Pasti rasanya juga enak tuh...:D

Tapi kok nggak sampai di gedung 31-805 ya??? ;)