Thursday 27 November 2008

Masak Bareng : Pepes Ayam Bumbu Kuning

Akhirnya menu pepes ayam tayang juga. Masaknya mepet-mepet due date. Eh bukan mepet ding, tapi emang pas due date :D Yup, saya baru sempat masak pepes trus motret sore ini. Jangan tanya kenapa sempat pas hari ini ya?! Karena kalo diceritakan bisa satu judul posting tersendiri.

Untuk menu Masak Bareng Yuuk!! bulan ini, saya bikin pepes ayam bumbu kuning. Bumbu kuningnya sama seperti bumbu gulai tapi pemakaian santan dikurangi. Lalu dibungkus pakai daun pisang supaya lebih wangi. Sebenarnya ada bermacam-macam resep pepes ayam, yang ini disesuaikan dengan selera penikmat tetap masakan saya. Terus karena ga punya daun kemangi, saya ganti dengan irisan daun jeruk aja. Mau coba??


Bahan :
4 potong ayam (lebih enak bagian yang ada tulang)
1/2 buah jeruk nipis/ lemon, diambil airnya
100 ml santan encer
1 biji asam/asam kandis
2 lembar daun jeruk diiris
Daun salam (optional, saya ga pake)
Daun kemangi (saya ga pake, lagi ga punya soalnya)
Garam secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 butir cabe merah (bisa ditambah bila suka pedas)
1/4 sdt ketumbar
1/2 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas, pilih yang muda
1/2 batang sereh, ambil bagian putihnya saja
1/2 sdt kunyit bubuk

Cara membuat :
1. Ayam dicuci bersih lalu beri air lemon aduk-aduk, diamkan kurleb 15 menit. Lalu tiriskan.
2. Campur santan dengan bumbu halus dan bumbu lainnya. Didihkan lalu masukkan potongan ayam. Masak dangan api kecil hingga campuran santan dan bumbu menjadi sangat kental.
3. Bungkus masing-masing potongan ayam dengan daun pisang, sertakan pula bumbu kentalnya. Lalu sematkan dengan lidi/tusuk gigi.
4. Kukus selama kurang lebih 20 menit, lalu angkat dan panggang sebentar supaya aroma daunnya lebih keluar.

15 comments:

Anonymous said...

sama neh,Mbak pake bumbu kuning..tapi kalo Vy 'ga pake santan :)

A.G said...

gebuk maling eh pepes ayame wes tayang.. slurup... panitia telat

Rurie said...

Hmm bumbu kuning juga enak nih...wah ngeliat2 pepes ayam dari seluruh Indonesia nih hari ini...ternyata banyak ragamnya ya :)

Shinta Octaviani said...

Silvy, aku lagi ga ada kemiri makanya biar tetap gurih pake santan :)

mbak Ayin, hihihi... maaf, aku kan "posting sesuai waktu yang nyaman untuk foodie blogger". Peace... :))

Rurie, iya nih hari ini kenyang nyicipin aneka pepes ayam. Thanx ya Rur :)

Masak Sehat by Yuni said...

Lucu jg mbk pake daun jeruk. Modifnya TOP... InsyaAllah mau lg bln dpn, menguji diri jg unt terus masak yg enak tp jg sehat :-)

Jagungmanis said...

iki pesyam a la jepun kih...hehe trnyt gak ad kmiri gantine santen to? bagus jg tuh...

lucuna said...

mbak shinta, saya pertama kali ikut ngramen acara masak barengnya..,di intip ya..nyoba pepes futuristik (he..he..soale pake alumunium foil)
salam kenal...

lucuna said...

mbak,ikutan masak barengnya ya..ini pertama kali. monggo diintip. nyicip pepes ayam futuristik dari cannes (he..he..soalnya aku pake kertas alumunium). makasih..

Anonymous said...

Hmm..pepes ayam...kliatannya enak banget nih Shin...belom pernah dweh bikin pepes ayam...
kapan2 nyoba aaahh

Lidia Sianturi said...

Shin podo kita ya...pake sempol...

sefa firdaus said...

samaan dong Shin, aku juga baru masaknya jam 12:30 hari ini, udah ngeri gak bisa motret, secara matahari udah gak ada jam 4 sore :D

btw, usul dong... harusnya Masak Bareng punya website khusus deh, jadi nanti dikumpulin jadi satu disitu.. kan gampang nyarinya :)

gak perlu ditulis semua, cukup ringkasan aja, trus dilink ke-blog yg punya resep..

gimana?

Abby said...

salam kenal Shinta, saya join yah ( http://bluesea7.wordpress.com/2008/11/27/masak-bareng-pepes-ayam/ )

tnyata pepes ayam enak ya. Btw, saya link di blog saya ya:)

Anonymous said...

Yummyyy ... kebayang deh baunya pepes ;) Hmm ngeganti kemiri pake santan yahhh, ilmu baru neh ;)

Anonymous said...

hmm!

Syanti Dewi said...

Hiks.... ga sempet .. padahal udah nyimpen daun kemangi , daun pisan semua ga kebikin :(... lain kali ikutan ahhh :) , ngiler liatnya .