Thursday 24 July 2008

Tempe Mendoan

Seperti musim panas lalu, tahun ini pun saya kembali membuat tempe. Apalagi sejak merasakan tempe segar (baca: yang belum sempat masuk kulkas/freezer), frozen tempe sudah kurang nge-charge *hihihi...apa ya istilah tepatnya??* di lidah saya dan suami meskipun sudah dibumbui. Pokoknya, frozen tempe cuma pengobat rasa kangen yang sudah ga bisa ditahan aja. Hehehe... maaf kalo rada sombong yee, karena emang begitulah kenyataannya.

********************************************
Tempe Mendoan (takaran disesuaikan sendiri ya..)

Bahan : tempe diiris tipis sesuai selera, tepung terigu, sedikit tepung kanji, irisan daun bawang, air secukupnya, gula dan garam secukupnya. minyak untuk menggoreng.

Bumbu halus : bawang putih, merica, ketumbar dan sedikit kunyit (optional).

Cara membuat : campur tepung dengan bumbu halus, daun bawang, gula, garam dan air. Aduk hingga rata dengan kekentalan sedang. Celupkan irisan tempe, goreng dengan api sedang hingga matang. Sajikan hangat dengan dilengkapi cabe rawit/saos sambal atau nikmati dengan dengan nasi hangat.

Hmm...... sedap banget!!!

9 comments:

sefa firdaus said...

aku masih punya tempe, asalnya sih seger.. bikinan temen, tapi skg udah frozen :D

Judith said...

Wheeala, kowe ki masak mendoan toh diajeng .. lha aku mau dunk (^J^) ...lagi males masak ki, hiks ..

akakerin said...

Shinta ....nanti ajarkan kakak bagaimana mahu buat tempe ya! selalu dibeli saja dipasar, tapi kali ini mahu bikin sendiri.....boleh ya!

akakerin said...

Shinta nanti ajarkan kakak bagaimana mahu buat tempe homemade.....boleh ya!

Lidia Sianturi said...

Frozen tempeh kurang nendang ya Shin...totally agree!
Summer ini aku blom bikin tempe nih..mungkin minggu2 depan deh, nunggu ga gitu repot dulu..

Lia said...

histeris liat mendoan, mauuuuuuuuuu!!!

Anonymous said...

Saya biasa bikin tempe sendiri (tahun2 lalu sih)..sekarang lg kosong ragi,(bisa beli dimana raginya kalau disini ?) selain itu juga waktunya kayaknya dah gak nututi.... Rafif dah mulai terantanan, jd gak bisa ditinggal kalo gak ada yang jaga

sukses tuk usaha barunya ya jeng

Shinta Octaviani said...

mbak Nisa, raginya aku dapat dari teman yg baawa dari Indo. makasih do'a-nya ya mbak...:)

Unknown said...

tendangan tempe itu gimana ya rasanya?