Wednesday 2 July 2008

Fish Katsu Roll

Mau tahu lokasi foto bekal (o-bento) di atas ga??? Yang jelas bukan di rumah. Hihihi... itu fotonya di bangku halte bis. Iseng banget deh, nungguin bis sempat-sempatnya fotoin o-bento. Untungnya waktu itu halte sepi, sendirian nungguin bis yang jam 6 pagi. Daripada bengong mending jeprat-jepret.


Biasanya orang-orang bawa o-bento buat makan siang. Nah yang ini buat sarapan plus makan siang, makanya banyak. Rotinya pake resep butter roll bread tapi dibentuk lebih besar daripada biasanya. Trus diberi fish katsu dan sayuran. Saya ga pake saos-saos-an soalnya musim panas begini takut cepat basi. Saos-nya pake yang sachet aja, biar praktis.

Bahan Fish Katsu :
6 potong fillet ikan (saya pake ikan Tara)
1 sdt shiokosho (campuran garam dan merica halus)
2- 3 sdm tepung terigu
1 butir telur, dikocok lepas
Tepung roti / bread cumb secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Ikan dicuci bersih lalu tiriskan sebentar.
2. Taburi ikan dengan shiokosho sambil diratakan.
3. Pindahkan ikan ke wadah yang kering lalu taburi dengan terigu.
4. Celupkan potongan ikan ke dalam kocokan telur lalu balur dengan tepung roti.
5. Goreng sampai kuning kecoklatan lalu angkat.

4 comments:

Rita Sella said...

aww... nikmeh banget lunchnya, plus butternya keliatannya empuk banget, boleh nyoba dong...^___^

Anisa said...

mbak Shinta... rajin banget jam 6 pagi dah nungguin basu... hiks hiks... saya mah masih asyik berselimut sambil mendekap anak2...

duh kalau saya gak bisa nih asagohan atau hirugohan pake roti... bisa2 pingsan dijalan...secara skrg saja makannya kadang sampe 4 kali..ehhehe..maklum ibu menyusui...hiks hiks hiks... secara jagoanku minumnya kuat banget.

Anisa said...

Cara bikin tepung ketan hitam ya mbak Shinta?
Kalau saya ..beras ketan direndam (saya rendam malam sebelum tidur)pagi bangun dicuci dikit, tiriskan hingga bener2 kering,baru saya blender sedikit2. Hasilnya sedikit agak kasar sih (tidak selembut kalau beli jadi), namun aromanya saya suka).
Mudah2an membantu dan bermanfaat.

o, iya untuk yang inari sushi kmrn, kalau pake beras ketan belum pernah nyoba. Namun saya biasa masak nasi disini pake beras (yang harganya paling murmer...hiks hiks...) saya campur sama beras coklat (bertuliskan kiraramochidango)2 sdm. Hasilnya beras menjadi pulen dan enak,saya diajari nogaku no sensei disini. maaf kalau belum bisa membantu atas pertanyaannya...hiks hiks hiks

Shinta Octaviani said...

mbak Rita, silahkan dicoba. Pokoknya nikmeh banget dah... :)

mbak Anisa, jam 6 nungguin bis mau ke kantor imigrasi karena jaraknya jauh dan biar dapat antrian di depan. Makasih juga tips ketan item dan inari sushi ya mbak... :)