Thursday 6 September 2007

Yasai Tempura

Menurut saya, tempura itu sama dengan gorengan seperti di Indonesia. Ada macam-macam tempura: ikan, udang, cumi dan yasai tempura (tempura sayuran). Yasai tempura, bahannya bisa pake aneka sayuran yang digoreng dengan lapisan tepung+air es+telor. Walaupun tepung pelapisnya banyak tersedia di toko/supermarket trus tinggal ditambah air es, kalau bikin sendiri juga ga sulit kok. Seperti tempura lainnya, yasai tempura biasanya dimakan dengan nasi trus di lengkapi saus tempura (tentsuyu). Kalau ga ada tentsuyu bisa aja diganti dengan saus tomat atau sambal. Resep tentsuyu sudah pernah di-posting di sini.

Bahan sayuran (sesuai selera)
kali ini saya pake : Buncis, ubi merah, kabocha, terong, jamur.

Bahan pelapis :
100 gr terigu
1 butir telor
120 cc air es
Sedikit garam (optional)

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Bersihkan sayuran. Kabocha, ubi dan terong diiris tipis.
2. Buat pelapis : campur semua bahan, aduk hingga rata seperti membuat tepung pelapis pisang goreng.
3. Celupkan masing-masing sayuran dengan bahan pelapis, lalu goreng di dalam minyak panas sampai matang. Sebaiknya gunakan minyak jagung atau biji bunga matahari supaya tepung pelapisnya benar-benar garing/crispy.

3 comments:

Anonymous said...

halo,slm kenal, lg belajar masak dg ngintip dapur orang..mahap..mampir yuk

Shinta Octaviani said...

Mbak Yossy, salam kenal ya... Saya pengen banget mampir ke dapurnya tapi alamatnya dimana ya???

Elvi said...

Duh tempuranya cukup menggoda! Selamat puasa ya say...maaf lahir bathin! Nampaknya Sinta kangen banget ama kak Elvi yach...ampe nyasar ke rumah mbak Retno he he he... gimana puasa di Jepang? Kami disini jatuhnya di musim gugur. Lumayan ga begitu panas.