Saturday 7 July 2007

Dadar Gulung

Ada yang request kue dadar gulung. Requested by a Japanese, teman suami yang pernah tinggal di Jakarta. Katanya, dulu sering beli kue itu kalo jalan-jalan ke pasar. Natsukashii datte (kangen katanya). Isinya saya campur buah nangka yang dipotong dadu, biar tambah wangi. Hehehe.... Soalnya lagi ga punya persediaan daun pandan.

Bahan kulit :
150 gr tepung terigu
1 butir telur
250 ml santan (saya pake 175 ml santan kaleng + 75 ml air)
1 sdt pandan pasta
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng atau margarin yang dicairkan

Bahan isi :
100 gr kelapa parut
5 nangka dipotong dadu
100 ml air
Gula merah secukupnya
1 lbr daun pandan (saya ga pake, soalnya lagi ga ada)
1/4 sdt garam

Cara membuat :
1. Campur terigu, telur, minyak/margarin dan garam. Aduk-aduk sambil ditambahi santan yang telah dicampur dengan pandan pasta. Aduk sampai rata dan halus. Kalau perlu, saring adonan biar ga brindil-brindil (apa ya istilah tepatnya??).
2. Panaskan wajan datar (fry pan) diameter 20 cm dan olesi dengan sedikit minyak atau margarin.
3. Tuang 1-1,5 sendok sayur adonan kulit. Gerakkan wajan agar adonan menjadi tipis dan merata di permukaannya. Biarkan hingga sedikit kering lalu diangkat. Lakukan terus sampai semua adonan kulit habis.
4. Buat bahan isi dengan merebus semua bahan kecuali nangka. Sebelum airnya mengering masukkan potongan nangka dan aduk biar rata. Masak hingga airnya mengering lalu angkat.
5. Ambil satu lembar kulit, beri 1 sdm bahan isi lalu lipat dan gulung. Begitu pula seterusnya.
(Resep ini hasilnya 14 potong kue).

Setelah jadi, sempat bingung juga mikirin kemasannya. Soalnya orang Jepang tuh, kalo ngasih sesuatu (barang atau makanan) kemasannya bagus-bagus. Padahal isinya (kadang) biasa aja. Setelah mikir-mikir, akhirnya saya kemas aja pake gift box seperti foto di atas. Lucu khan, ada gambar lope-lope nya?! Dan siap dikasihkan sama yang udah request.

7 comments:

Rita Sella said...

hhmm... enak banget dadar gulung... aku jg lagi kangen ma dadr gulung nih heheh

Anisa said...

enak banget dadar gulungnya, apalagi kalau tinggal makan...uenak euy..

Lia said...

duh ngiler liat dadarnyaaaaaa jadi pengen. salam kenal ;)

Dwiana P said...

dadar gulung duh enaknya:)

Dearni Irene said...

Mbak Shinta, salam kenal :) saya mau coba dadar gulungnya ya :) Mohon ijin, bila berhasil boleh saya posting yang mbak.. Terimakasih yaaaa :D

titikomala said...

thanks.....resepnya yah....my favorite kue....stiap ke resto malay di piccadilly solo pasti saya beli tp harganya yah ampun satu biji £1 sama dengan skitar 15 ribu uang indo....nah skrang saya mau coba nih resep thanks...

Shinta Octaviani said...

Titi Komala, silahkan dicoba resepnya. Gampang kok bikinnya, daripada beli mahal-mahal mending bikin sendiri. 1 resep biasanya kurleb dapat 25 biji.

Thanks dah mampir ya. Salam kenal :)